Wednesday, December 19, 2012

Penyebab Rambut Rontok


Banyak sekali faktor yang menyebabkan rambut menjadi rontok di antaranya adalah genetika, umur, hormon, lingkungan dan gaya hidup. Baik pria maupun wanita dapat menderita kerontokan rambut dan menemukan akar penyebab dari rambut rontok adalah cara yang paling efektif untuk mencegah sekaligus dengan mudah untuk mengobatinya.

Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang paling umum :

1. Androgenik alopecia

Kondisi ini turun-temurun juga dikenal sebagai "pola kebotakan", Sementara androgenik alopecia umumnya disebut sebagai "pola kebotakan laki-laki", perempuan juga bisa mewarisi sifat genetik. Kondisi ini disebabkan dari kelebihan testosteron dalam aliran darah yang dikonversi dalam dihidrotestosteron (DHT). Juga dikenal sebagai androgen, hormon ini membuat jalan ke kulit kepala dimana hal itu menyebabkan pembengkakan di daerah tertentu dan menghambat suplai darah ke folikel rambut.

2. Makanan

Makanan sehat memiliki banyak kelebihan yang berkaitan dengan pertumbuhan rambut dikepala, Tubuh Anda membutuhkan vitamin dan mineral tertentu dalam rangka membangun jaringan kulit sehat dan menyalurkan nutrisi penting dan oksigen ke kulit kepala Anda. Jika Anda kekurangan zat besi, tembaga seng magnesium, atau vitamin E, C, B dan A bisa sangat merugikan rambut sehat Anda dan kemungkinan terjadi kerontokan.

3. Menjadi terlalu asam

Menjaga keseimbangan pH yang tepat dalam tubuh adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan secara keseluruhan. Sel dan jaringan yang bermandikan cairan (terutama darah) dan ketika cairan ini menjadi terlalu asam, kerusakan seluler terjadi. Gangguan selular ini kemudian menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti kanker, obesitas, jerawat, kelelahan dan tentu saja rambut menjadi rontok.

4. Ketidakseimbangan hormonal

Setelah hormon Anda tidak seimbang juga dapat menyebabkan rambut rontok. Kondisi ini bisa dipicu oleh banyak faktor termasuk stres, trauma, minuman beralkohol, penggunaan narkoba, obat-obatan, kehamilan, menyusui, kelahiran dan menopause.

Mengetahui apa yang menyebabkan rambut rontok adalah cara yang paling baik untuk pencegahan, artikel saya tentang penyebab rambut rontok ini semoga bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

No comments:

Post a Comment