Sunday, November 4, 2012

Penyakit Yang Menyebabkan Rambut Rontok


Ada banyak faktor mengapa seseorang kehilangan rambut atau mengalami rambut rontok. Ini terjadi bisa karena faktor keturunan, perubahan hormon, efek samping dari obat tertentu, dan kondisi medis. Meskipun pada akhirnya rambut bisa tumbuh kembali namun yang terpenting adalah mengetahui kondisi atau penyakit tertentu yang menyebabkan rambut rontok.

Berikut ini merupakan penyakit yang paling umum penyebab rambut rontok :


# 1 Lupus
Ini adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi organ-organ tubuh yang berbeda termasuk kulit. penyakit ini biasanya menyebabkan sakit kepala, borok, kelelahan yang ekstrim, sendi menjadi bengkak dan mengalami kerontokan rambut.

# 2 Limfoma Hodgkin
Ini adalah kanker dari jaringan getah bening pada tubuh. Meskipun bukan merupakan gejala yang sangat signifikan, rambut rontok juga bisa terjadi pada pasien dengan kondisi tersebut.

# 3 Hipertiroidisme
Ini adalah jenis gangguan tiroid di mana ada hiperaktivitas tiroid yang biasanya menghasilkan gejala seperti penurunan berat badan, gugup, pembesaran tiroid, insomnia, dan alopecia. Jangan khawatir meskipun karena rambut rontok sebagai gejala hipertiroidisme biasanya tumbuh kembali.

# 4 Hypothyroidism
kebalikan dari hipertiroidisme,hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana tiroid kurang aktif. Akar rambut yang kurang gizi ketika orang itu diagnosa dengan hipotiroidisme, pada akhirnya akan menyebabkan batang rambut yang rapuh dan pecah, sehingga menyebabkan rambut rontok. Ketika diobati, rambut biasanya tumbuh kembali.

# 5 Muscular Dystrophy
Ini adalah penyakit genetik yang menyebabkan pengecilan otot dan rambut rontok. Dalam kondisi ini, sel-sel otot mati sehingga merampas nutrisi pada rambut permukaan menyebabkan ia jatuh.

# 6 Penyakit hipofisis
Kelenjar hipofisis mengontrol pelepasan hormon enam yang berbeda yaitu: tiroid stimulating hormone, hormon Luteinizing, Prolaktin, hormon perangsang folikel, hormon adenocorticotropic, dan hormon pertumbuhan. Karena hormon ini diperlukan untuk pertumbuhan rambut, gangguan pada tingkat mereka dapat menyebabkan rambut rontok.

# 7 Diabetes
Ini adalah gangguan ketika tubuh kekurangan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Oleh karena itu, fungsi normal dari kulit diperlambat sehingga penyembuhan luka lebih lambat serta pertumbuhan kembali rambut.

# 8 Malnutrisi
Rambut membutuhkan nutrisi untuk tumbuh sehat. Ketika seseorang kekurangan gizi akibat kekurangan gizi atau anoreksia nervosa, rambut menjadi lemah dan rapuh yang pada akhirnya akan menyebabkan ia mati dan mengakibatkan rontok.

# 9 alopecia areata
Ini adalah penyakit autoimun di mana tubuh menghancurkan folikel rambut dan melemahkan rambut.

# 10 Follicultis
Setiap helai rambut terdiri dari akar rambut dan batang rambut yang ditempatkan dalam folikel rambut. Ketika folikel rambut mendapatkan infeksi, kondisi yang disebut folikulitis, kulit kepala cenderung membekas luka dan rambut rontok.

Jika anda mengalami salah satu penyakit diatas dan mengalami kerontokan sebaiknya anda pergi ke dokter dan mencari nasihat medis mengenai perawatan rambut rontok.

No comments:

Post a Comment