Wednesday, November 21, 2012

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan


Banyak sekali penyebab rambut rontok antara lain masalah kelenjar tiroid, operasi, penyakit, ketidakseimbangan hormonal, kekurangan vitamin atau keracunan, kehamilan, melahirkan, obat-obatan, infeksi jamur, dan bahkan lupus, kanker dan diabetes. Untungnya, banyak dari kondisi ini dapat diobati.

Mungkin penyebab medis paling umum adalah yang melibatkan tiroid. penyakit tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, seringkali menyebabkan rambut rontok atau tumbuh lebih lambat. Kondisi ini mempengaruhi keseimbangan androgen dan estrogen pada pria dan wanita - dan itu adalah fluktuasi dalam keseimbangan ini yang mengganggu siklus pertumbuhan rambut.

Namun, kabar baiknya adalah bahwa kerontokan rambut tersebut disebabkan oleh masalah tiroid biasanya dapat diobati dan sering bahkan terbalik dengan mengendalikan kondisi yang mendasarinya. Jika Anda menduga penyakit tiroid mungkin menjadi penyebab rambut rontok Anda, dokter Anda akan melakukan tes untuk mengidentifikasi kondisi dan mungkin meresepkan obat setiap hari untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon tiroid Anda.

Penyebab lain rambut rontok adalah kehamilan dan kelahiran anak, karena perubahan yang cepat dalam siklus hormon wanita selama masa kehamilan juga mengganggu pertumbuhan rambut.

Namun, dalam sejumlah kecil wanita, hormon ini dapat memiliki efek buruk pada kelenjar, hipofisis tiroid atau pankreas. Jika pertumbuhan rambut normal Anda tidak melanjutkan setelah melahirkan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah Anda perlu langkah-langkah perbaikan untuk membangun kembali keseimbangan hormon yang tepat.

Kadang-kadang, resep obat atau vitamin. Pengencer darah, pengendalian kelahiran, anti-depresi, kemoterapi, obat-obatan yang digunakan untuk encok serta kelebihan vitamin A semua diketahui telah menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa individu. Jika Anda baru saja mulai mengambil obat baru yang Anda percaya mungkin berhubungan dengan kerontokan rambut Anda, berbicara dengan dokter Anda tentang efek samping yang tidak diinginkan. Sebuah perubahan obat yang berbeda atau dosis mungkin dapat mengurangi gejala ini.

Infeksi jamur pada kulit kepala adalah satu lagi penyebab rambut rontok berlebihan, terutama pada anak-anak. Jika infeksi jamur hadir, sangat penting sekali untuk segera di obati sebelum folikel rambut jaringan parut dimulai, karena ini bekas luka bisa menyebabkan kebotakan permanen. Jika Anda melihat anak Anda gatal kulit kepala nya bahkan terlalu sering sering, atau jika Anda melihat rambut rontok dikombinasikan dengan kulit kepala mengelupas, konsultasikan dengan dokter Anda segera sehingga kondisi dapat didiagnosis dan diobati dengan benar.

No comments:

Post a Comment