Friday, November 2, 2012

Penyebab Rambut Rontok Parah


Mungkin tidak ada penyebab tunggal kerontokan rambut dalam banyak kasus melainkan sejumlah faktor dapat berkontribusi untuk menipisnya atau kehilangan rambut.Rambut akan terus melalui siklus pertumbuhan, istirahat, pergantian. Ketika rambut yang hilang tidak diganti, atau ketika folikel rambut lebih masuk ke fase istirahat, rambut rontok menjadi terlihat.

Berikut ini akan membantu Anda mengidentifikasi penyebab rambut rontok yang paling umum.

# 1: Penuaan

Periode untuk rambut rontok adalah antara 20 dan 50 tahun. Beberapa individu sampai pada tahap kemajuan rambut rontok lebih cepat daripada sebelumnya.

# 2: Kosmetik Kimia

seperti pewarnaan rambut, pelurusan, pengeritingan dll.

# 3: Obat / Pengobatan / Radiasi

penyebab rambut rontok dapat mencakup antikoagulan, antidepresan, pil kontrasepsi, amfetamin, beberapa obat arthritis, beberapa antibiotik, beberapa pengencer darah, obat untuk asam urat, obat yang berasal dari vitamin A, obat-obatan tertentu untuk bisul, obat beta blocker untuk tekanan darah tinggi .

Pengobatan kanker seperti kemoterapi dan terapi radiasi menghentikan fase pertumbuhan folikel rambut yang menghasilkan rambut rontok tiba-tiba.

# 4: Keturunan

Androgenetic alopecia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kecenderungan genetik pada pria dan wanita untuk pola kebotakan atau kerugian pola rambut. Meskipun ada kecenderungan dominan untuk kebotakan pola pria, anggota perempuan dari sebuah keluarga dapat menjadi pemicu juga.

# 5: Ketidakseimbangan hormonal

Jika hormon pria dan wanita, androgen dan estrogen, tidak seimbang, rambut rontok bisa terjadi. Juga kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat berkontribusi untuk rambut rontok.

# 6: Penyakit dan Infeksi Parah

Juga termasuk infeksi kulit kepala jamur, gangguan tiroid, Hipertiroidisme, Hypothyroidism, Diabetes, Lupus.

# 7: Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Alopecia areata adalah suatu gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan folikel rambut untuk berhenti memproduksi rambut. Bentuk lanjutan dari gangguan diidentifikasi oleh ketentuan alopecia totalis ketika semua rambut kepala menghilang, dan alopecia universalis yang menghasilkan semua tubuh rambut menghilang.

# 8: Menopause

Ini bisa menjadi penyebab utama kerontokan rambut pada wanita. Karena perubahan hormonal setelah menopause, beberapa wanita merasa rambut mereka mulai menipis.

Ada berbagai perawatan yang tersedia yang melibatkan terapi penggantian hormon (HRT). Mungkin ada efek samping dalam beberapa kasus dan eksperimen mungkin diperlukan di bawah bimbingan dokter.

# 9: Sirkulasi Darah Buruk

Aliran darah yang buruk ke kulit kepala, nutrisi cukup dalam darah, atau drainase yang buruk dari produk limbah melalui sistem limfatik semua dapat menyebabkan rambut rontok.

# 10: Kehamilan

Tiga sampai enam bulan setelah melahirkan anak, banyak wanita melihat tingkat rambut rontok. rambut masuk ke fase istirahat karena dampak fisiologis kehamilan pada tubuh.

# 11: Menarik rambut

Traksi Alopecia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan hilangnya rambut dari cara menarik rambut terlalu kencang atau kuat, seperti gaya rambut dikepang erat seperti ekor kuda.

Juga penyalahgunaan penjepit keriting atau rol rambut dapat menariknya sehingga melemah.

# 12: Penumpukan Sebum

Penyebab dasar rambut rontok adalah menumpuknya sebum atau kelenjar minyak dalam folikel yang menyerang bola rambut, area bulat di ujung helai rambut yang berakar pada folikel. Sebum menyebabkan bola rambut menyusut sehingga rambut tidak juga berakar.

Setelah rambut rontok untai rambut baru yang tumbuh di folikel yang lemah dan tipis dan proses diulang sampai folikel rambut begitu rusak itu mati. (Sebum adalah zat lemak dikeluarkan dari kelenjar sebaceous yang sebagian besar terbuka ke folikel rambut.)

# 13: Stres

Telogen effluvium adalah istilah yang digunakan untuk memperlambat pertumbuhan rambut baru karena stres mendadak atau berat. Stres memicu sejumlah besar folikel rambut memasuki tahap istirahat, sehingga beberapa bulan setelah peristiwa stres, mereka menumpahkan folikel rambut pada sekitar waktu yang sama.

Dari daftar di atas Anda mungkin dapat mengidentifikasi penyebab utama rambut rontok dalam kasus Anda. Jangan ragu untuk mendapatkan saran profesional dari seorang praktisi medis jika alasannya adalah di luar kendali.

No comments:

Post a Comment